Kamis, 17 November 2011

DPRD dukung percepatan TPA regional

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendukung rencana pembangunan tiga tempat pembuangan akhir (TPA) regional guna menampung sampah dari tiga kawasan itu.

“Kami membutuhkan dukungan DPRD Sumut agar pembangunannya bisa dipercepat,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut Riyadil Akhir Lubis dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Sumut di Medan.

Menurut Riyadil, berdasarkan penilaian selama ini, kondisi TPA yang ada saat ini tidak memadai untuk menampung sampah yang berasal dari aktivitas masyarakat tersebut.

Apalagi jika dilihat dari TPA di Medan yang berada di kawasan Padang Bulan yang dinilai sangat tidak memadai karena banyaknya sampah dari masyarakat.

“Bahkan, pada tahun 2015 nanti, TPA-nya sudah tidak layak pakai lagi,” katanya.

Disebabkan banyak sampah yang didapatkan tersebut, Pemprov Sumut berencana membangun tiga TPA regional untuk menampung limbah akhir aktivitas masyarakat dari sejumlah daerah.

Riyadil mengatakan, TPA regional pertama akan dibangun di Kabupaten Deli Serdang untuk menampung sampah dari Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Langkat, dan Karo (Mebidangkatro).

Kemudian, TPA regional di Kabupaten Serdang Bedagai untuk menampung dari sampah dari Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi dan Pematang Siantar.

Sedangkan TPA regional ketiga akan dibangun di Sibolga untuk menampung sampah masyarakat dari Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.“Ketepatan, untuk lokasi, Pemkab Tapanuli Tengah telah menyiapkan areal seluar 20 hektare,” katanya.

Sebagai modal awal, kata dia, pihaknya dapat melakukan pembangunan tersebut karena adanya sinyal dari Pemerintah Jerman untuk memberikan bantuan.Namun pihaknya masih membutuhkan tambahan dana karena biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan tiga TPA regional tersebut diperkirakan cukup besar.

Meski demikian, Pemprov Sumut bisa mendapatkan dana tersebut karena tersimpan di Kementerian Pekerjaan Umum. “Karena itu, kami mengharapkan DPRD Sumut bisa membantu,” katanya.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar